Minggu, 13 Maret 2011

2. Jordan
Negara Arab bagian masyriq yang kedua adalah Jordan (Yordania).

PROFIL
Nama Kota : Jordan (Yordania)
Ibu Kota : Amman
Bahasa Resmi : Arab
Pemerintahan : Monarki
- Raja : Abdullah II
- Perdana Menteri : Marouf al-Bakhit
Mata Uang : Jordanian Dinar (JD)
Lagu Kebangsaan: As-salam al-malaki al-Urduni

MAP


Sejarah Singkat


Negara Yordania sebelumnya adalah bernama Tranyordania, negara yang lahir dan berdiri pada abad ke 20 M. Dalam konfrensi San Remo April 1920 M, wilayah pantai timur laut tengah berada dibawah mandat Pemerintah Inggris dan Perancis.

Pada tanggal 15 Mei 1923, Pemerintah Inggris menyerahkan urusan Pemerintahan wilayah Emirat Transyordania kepada Amir Abdullah I, berbeda dengan urusan pertahanan, hubungan luar negeri dan masalah keuangan, kesemuanya masih tetap berada dibawah perintah Inggris. Maka pada tahun 1926 Amir Abdulah diakui sebagai Raja Tranyordania. Ketika meletus perang Arab-Israel pada tahun 1948, Raja Abdullah I memerintahkan penyerbuan ke bagian Negara Palestina dengan berhasil meguasai tepi barat, termasuk Kota Yerusalem ( Al-Quds ).

Bertepatan pada Bulan April 1950, Raja Abdullah I mengubah nama Kerajaan Tranyordania menjadi Jordania Alhasyimiah, tetapi pada tanggal 20 Juni 1951 beliau dibunuh oleh seorang warga Palestina yang tidak menyetujui rencananya untuk membuat perjanjian perdamaian dengan Israel negara tetangganya, maka tahta kerajaan beralih dipegang oleh Raja Thalal Puteranya. namun dikarenakan kesehatanya yang dianggap tidak memungkinkan untuk memerintah, maka pada tanggal 20 Juli 1953, tahta kerajaan dan semua urusan kenegaran diserahkan kepada putera tertuanya Hussein yang ketika itu Hussein masih berumur 17 tahun dengan dinobatkan sebagai Raja dan Memerintahkan Yordania hingga wafatnya pada tanggal 7 Februari 1999.

Maka sesuai Konstitusi pasal 28 Kerajaan Yordania, setelah wafatnya Raja Hussein, kerajaan digantikan oleh Putera Mahkotanya Pangeran Abdullah II, melihat silsilahnya, Pangeran Abdullah II meerupakan garis keturunan langsung ke 43 dari Nabi Muhammad S.A.W. dari Bani Hasyim melalui Hasan Putera pertama Ali bin Abi Thalib dan Fatimah binti Muhammad S.A.W.

Kerajaan Yordania merupakan salah satu Negara dengan pertumbuhan ekonomi hasil bantuan Amerika Serikat, hal tersebut dapat dilihat dari PNG perkapita yang telah mencapai 6% per tahun (US $. 4.893,- tahun 1995), sedangkan pertumbuhan penduduknya hampir separuhnya yaitu sebesar 3,5% merupakan arus pengungsi dari Palestina yang telah berlangsung pada lebih dari tiga dasawarsa, dengan keadaan ini, menjadikan Yordania sebagai salah satu negara penampung pengungsi paling besar didunia, Yordania adalah salah satu Negara Timur Tengah yang miskin akan bahan tambang, sehingga Pemerintah Yordania harus mengimport minyak dari Negara tetangganya seperti Iraq dan Saudi Arabia. Yordania mempunyai luas wilayah diperkirakan seluas Propinsi Riau di Sumatra.



Daftar bacaan:
1. http://www.al-hakawati.net/english/states/jordan.asp, pada 13/03/2011 pukul 19.28
2. http://www.members.tripod.com/ppi.jordan/jelajahjordan.htm, pada 13/03/2011 pukul 19.30
3. Microsoft Encarta Premium 2009
4. Encyclopedia Britannica 2009 Student and Home Edition

Tidak ada komentar:

Posting Komentar